Monday, October 11, 2010

FRIENDS, LOVERS OR NOTHING

(another re-post from my Facebook note)


Wow its been a while since my last note.

Jadi tadi saya lagi ngantuk di pesawat. Karena dasarnya emang ga bisa diem dan pengen utak-atik layar TV lucu yang ada didepan mata, yaudah saya pencet2 aja. Walau ngantuk tetep ngotot, haha. Akhirnya saya menemukan 1 lagu dari mantan pacar saya (baca: bang John Mayer) Judulnya aja udah bikin jantung saya serrrr (ini lebay beneran). The title of the song is FRIENDS, LOVERS OR NOTHING. Wihh abang John emang mantep dah. Pengen culik deh bawa pulang ke dorm -___-

Anyway, jd setelah di dengar dan di cerna dengan kapasitas listening saya yang pas-pasan, saya menangkap makna yg dalem banget dari lagu itu. Coba kita denger (ato baca) dulu deh ya rame2. Yuk mariiii:

----------

Now that we are over as the loving kind

We'll be dreaming ways to keep the good alive

Only when we want is not a compromise

I'd be pouring tears Into your drying eyes

Friends, lovers, or nothing

There can only be one

Friends, lovers, or nothing

There'll never be an in-between

So give it up

You whisper "Come on over"

Cause you're two drinks in

But in the morning I will say Good-bye again

Think we'll never fall into The jealous game

The streets will flood With blood of those who felt the same

Anything other than 'yes' is 'no'

Anything other than 'stay' is 'go'

Anything less than 'I love you' is lying

----------

(Berhenti sejenak) Aduh abang John pinter banget deh ah bikin lagu. Ajarin dong -____-

Setelah mendengar lagu itu kurang lebih 5 kali, saya memutuskan untuk bikin statement kalo saya SUKA sama lagu itu.

Karena, yaaa karena liriknya ngena banget. Ibaratnya kayak bisa nampar orang gitu. Nampar siapa? Nah ini masalahnya.

Lagu ini kayanya sih ditujukan Bang John buat cowok cewek yang satu sama laennya sering bingung dan miscommunication-- ya biasa, masalah cinta2an, ahaha. Kayanya di dunia pra dewasa yang penuh kelabilan sering banget terjadi kerancuan dalam menanggapi situasi. Misalnya nih: Ada cowok yang perhatian sama cewek, si cewek nganggep cowonya suka, padahal si cowok cuma berusaha nice aja, emang dasarnya flamboyan dan baek ke semua orang.

Melalui notes gajebo ini saya mau berbagi sedikit pemikiran dangkal yang saya dapet dari lagu ini. Semoga bisa bermanfaat bagi umat pencinta facebook. Dan mari saya perjelas, ini semua hanyalah opini dari sudut pandang saya yang biasanya punya analisa aneh dan random. Kalo emang agak susah dimengerti dan tidak layak diterima, maap maap aja deh ya, hehe, ok lanjut. Poin-poinnya adalah:

(ini konteks pembahasannya lebih ke hubungan cowok sama cewek loh. Cinta cucu kepada nenek tidak bisa dimasukkan ke kategori makna lagu abang John kali ini)

1) Cinta dan sayang itu sensitif (bukan merek tes kehamilan loh maksudnya, tapi emang sifatnya sensitif).

Maksudnya:

Penyampaian cinta sama sayang itu ga boleh ngasal. Harus ada dasar yang kuat. Why? ya simple aja. Mayoritas cewek itu hatinya fragile. Kaya sponge, gampang menyerap. Jadi sekali aja cowok bilang "aku cinta kamu wahai bidadari cantik", wahhh melayang2nya bisa sampe Afrika. Padahal buat cowoknya sendiri (mungkin) maknanya ga se dalem itu. Logika mereka yang katanya keren itu biasanya mendorong mereka untuk frontal dan bilangin apa yang mereka pikirin saat itu aja. Tanpa mikir panjang, detail, dan nganalisa dampaknya terhadap si cewek (maap ya cowok2, ini gue lagi sotoy, salahin bang John). Jadi, seperti kata bang John : "Friends, lovers, or nothing There can only be one". Dalam satu hubungan itu statusnya harus jelas. Jadi temen, ya temen aja. Pacar, ya pacar. Ato mending ga usah ada hubungan apa2 sama sekali. Jangan mentang2 ga ada pacar, kita bisa seenaknya mencla-mencle, tebar pesona kemana-mana, bilang sayang or cinta ke orang-orang, ntar liat siapa yang nge-respon dan siapa yang paling kece, itu yang dipilih, bwahaha. Itu kejam.

2) Cewek, ilmu GR nya harus dikontrol. Cowok, ilmu tebar pesonanya harus diatur.

Maksudnya:

Sebelom dibahas, kita liat lagi deh lirik dari bang John:

"Friends, lovers, or nothing, There'll never be an in-between"

Jadi kalo ada yang bilang "aku sayang sama kamu, tapi kita jadi temen aja ya". Waduh, kalo bisa itu dihindari lah saudara2. Sekali lagi, karena cowok dan cewek itu punya daya tanggap yang berbeda. Yang biasanya terjadi sih kaya gini (ini berdasarkan analisa saya sendiri sebagai psikolog gelap diantara teman2 gelap saya, *loh?*), kebanyakan cowok itu menyampaikan hal-hal yang cewek pengen denger. Alasan mereka sih biar ga ribet, biar cewenya bisa diem, dan biar mereka terlepas dari pertanyaan lanjutan. Istilah kerennya cari aman. Nah, kalo cewek dimana-mana sih sama aja. Daya tanggapnya dalam sangat. Ke-detail-annya jangan diragukan deh. Apapun kalimat dari cowok yang mereka anggap penting, wahhh kesimpen di otaknya selamanya kali, ga bakal ilang. Jadiiiiiiiiiiii cowok-cowok calon pemimpin rumah tangga yang ganteng2, tolong hati2 dalam tebar pesona. Kalo iya ya iya, kalo ngga ya ngga. Jangan pernah menggantung harapan buat seorang perempuan. Inget mama di rumah boi. Buat cewek-cewek, kadar GR nya harus dikontrol ya. Jangan mau digantung tanpa tali, dan di ayunin dari atas ke bawah kaya maen yoyo. Bukan jadi apatis juga, tapi lebih hati2 aja dalam meresapi arti dan memahami hati.

3) Klarifikasi itu perlu.

Maksudnya:

Naaah jaman sekarang ada tuh istilah TTM. Saya juga pernah masuk ke kategori itu tuh kayanya. Rasanya? ya enak ga enak. Ketidak jelasan emang ironis. Jadi, ada baiknya, demi ketenangan batin dan jiwa masing2, jika ada (terutama cewek nih) yang ngerasa udah dideketin sama cowok, tapi cowoknya ga pernah frontal minta jadian, naaah mending di tembak langsung. Bukannya si cewek yang mesti nembak juga. Maksudnya minta kejelasan yang kongkrit dan nanya. Tapi nanyanya harus jelas dan ga njelimet (inget, cowok itu BUKAN MIND READER yang hebat (sorry ya cowok2, gue lagi emansipasi berapi nih sekarang, hehe). Seperti kata bang John:

"Anything other than 'yes' is 'no'

Anything other than 'stay' is 'go'

Anything less than 'I love you' is lying"

Wah bang John sudah cukup men-interpretasikan maksud saya.

Oke deh, analisa lagunya udahan dulu. Sekali lagi, note ini dibuat dalam keadaan capek, kenyang, dan belom mandi. Jadi? ya maklum aja jika kerutan sedikit muncul di kening anda, hehe.

Peace.

DITA PURNAMA

10.10.10


*PIC SOURCE

1 comment:

  1. analisa maknanya bagus,,kunjungi blog saya juga coco-jkrahardi.blogspot.com

    ReplyDelete