Another Goodbye, Another Hello.

(Warning! ini hanyalah note subjektif yang dibuat not in favor of anyone. Hanya secuil perjalanan tahunan yang diharapkan bisa mencubit saya untuk bisa lebih meningkat dari tahun ke tahun).

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Wah bener-bener ngga nyangka tahun 2010 udah hampir berakhir. Tinggal menghitung hari (atau jam lebih tepatnya). Perasaan baru kemaren saya bikin note tentang resolusi untuk tahun 2010. Sekarang serasa dilanda dejavu harus meng-evaluasi apa yang sudah terjadi dan apa yang harus diraih (ga ada yang nyuruh sih; murni inisiatif yang berasaskan waktu luang yang berlimpah, hahaha thanks holiday).

Ehm, ok daripada banyak basi-basi di intro, saya mau mulai mengevaluasi diri saya selama satu tahun belakangan ini. Ada beberapa poin yang ingin saya raih di penghujung tahun 2009 lalu (Buset deh ini bahasa resmi amat ya? Efek dari kebanyakan denger komentator bola nih kayaknya). Saatnya cek dan ricek apakah poin-poin itu tercapai atau ngga:

- Bikin blog --- Alhamdulillah, walaupun rata-rata isinya rada mellow dan dramatis (maklum, proses tulis menulisnya dikala saya lagi labil, ah anak muda). Saya cukup merasa kemampuan menulis saya lumayan meningkat. Walaupun jauh dari kategori mahir. Satu hal yang saya sadari adalah: mood mempengaruhi hasil tulisan. Jadi pandai-pandai lah menyalurkan mood anda untuk menghasilkan tulisan yang tepat dan bermanfaat (apa deh Dit, haha).

- Punya SIM --- Tetooot, saya kurang beruntung. Harus coba lagi tahun depan. Gara-gara selalu bermasalah dengan konsistensi (baca: hari ini semangat latihan nyetir, besoknya males). Semoga di 2011 bisa lebih lancar dan ngga galau dalam mengoperasikan apapun yang bermesin, haha.

- Lebih rajin main skype sama temen2 yang nun jauh di benua2 lain itu --- Tetooot, gagal maning gagal maning. Bisa dihitung dengan jari. Ah payah. Ngga bisa dibiarkan! 2011 akan saya jadikan tahun peningkatan komunikasi interpersonal dengan siapapun! (Semangat berapi-api-- efek mendukung TimNas tadi malam)

- Ikut ekskul --- Alhamdulillah, 2010 dipenuhi kegiatan kampus yang lumayan menguras pikiran dan tenaga. Memang benar adanya kalo kegiatan positif bisa mengalihkan kita dari hal-hal ngga penting.

- Berhemat --- GaTot alias gagal total. No further explanation. Put the blame on food, dvds and books.

- Cari pacar lagi --- Well, sempat tercapai tapi belum dapat izin Tuhan buat membangun hubungan yang berkelanjutan. Yah saya anggap intermezzo akhir tahun saja. Harus bertemu yang aneh-aneh dulu sebelum nanti ada cowok normal yang terbaik; yang bisa jadi imam saya, yang jadi sandaran hati saya dan saya syukuri keberadaannya, amin.

- Lebih banyak makan --- Sukses besar. Entah mengapa nafsu makan saya tahun ini meningkat. Sebenernya dari dulu udah doyan makan, cuma belakangan ini agak lebay nafsu makannya. Literally, I eat two times of my friends' normal portions. Yang disayangkan mungkin cuma satu, berat badan yang tak kunjung naik. Semoga 2011 ada peningkatan, amin.

- Lebih mendekatkan diri sama Allah SWT --- Not quite. Beberapa hal wajib dan sunat sempat tertinggalkan, tapi saya memperoleh ke stabilan emosi yang jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mungkin faktor umur juga. Saya juga merasa Tuhan selalu ada dimanapun saya berada, melindungi saya dari hal-hal yang tidak pantas saya sedihkan, menunjukkan bahwa hidup adalah sebuah lego yang harus saya susun sendiri bentuk akhirnya. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah :)

Okeh itu adalah resolusi tahun lalu yang yah ada yang tercapai ada yang ngga. Bukan ngga tercapai sih, tapi belum aja. Saya adalah penikmat kejutan. Banyak sekali hal tak terprediksi yang saya temukan di 2010. Tidak harus juga saya deskripsikan satu per satu. Intinya saya bersyukur atas semua warna yang Tuhan beri untuk menghiasi 2010.

Satu keinginan besar yang saya niatkan di akhir tahun lalu adalah INGIN BAHAGIA DAN MEMBAHAGIAKAN. Di akhir tahun ini, saya sampai di satu kesimpulan bahwa, ya, tujuan saya Alhamdulillah tercapai. Dalam hal membahagiakan, ya itu cuma orang lain yang bisa menilai. Semoga saja saya selalu menyebarkan kebahagiaan dimana-mana, haha, amin. Tentang bahagia, nah ada 1 pepatah klise yang mengatakan "Happiness is a state of mind", which I couldn't agree more. Apapun yang kita bangun menjadi buah pikir kita, itulah yang akan menjadi kenyataan. Saat otak kita dipenuhi energi negatif, yang ada ya kita bakal jadi individu pesimis, letih, sedih,labil, you name it. Lain kalo otak kita dibanjiri hal positif. Insya Allah hasil akhirnya kita bakal jadi orang yang optimis, ceria, yakin, dan stabil. Saya ngga bilang bersedih itu salah. Ya ada kalanya kita harus merasakan sedih untuk menghargai dan mensyukuri bahagia. Saya hanya ingin memberi penekanan bahwa bahagia atau ngganya kita, tergantung dari mind-set yang kita bikin sendiri. If you think you can be happy, you will. If you think you can't be happy, then you won't. Yap, sesederhana itu.

Jeng jeng jeng! Sekarang tibalah saatnya untuk memasuki sesi menyampah tentang resolusi 2011! Aha!

Yang pasti saya ingin menyelesaikan hal-hal yang tertunda perealisasiannya di tahun 2010. Untuk tujaun utama, mungkin ingin lebih spesifik dikit. Bukan hanya ingin jadi manusia yang bisa bahagia dan membahagiakan, tapi ingin jadi manusia yang lebih STABIL, PRODUKTIF, DAN BERMANFAAT.

Maksudnya;

- Stabil : Urusan dunia akhiratnya seimbang. Ngga saling meninggalkan. Urusan emosi, intelegensi, dan spiritual nya harus setali. Biar berat badan sama tinggi juga ikut-ikutan stabil, hahaha, amin deh.

- Produktif : Tuhan udah kasih semua yang saya butuhkan untuk bisa mengkasilkan hal-hal yang berguna. Alhamdulillah saya tidak kekurangan satu apapun. Dengan fisik yang sehat dan indera yang lengkap saya pengen banget di tahun 2011 bisa lebih meningkatkan eksistensi dan menambah ilmu saya yang kalau diibaratkan, masih sebutir pasir. Saya ngga mau lagi menyia-nyiakan waktu. Oiya, sekalian mau berbagi, teman saya menyuruh saya untuk menonton ini. Alhamdulillah saya jadi terdorong untuk menjadi produktif dan lebih bersyukur setelah menonton videonya :) Ngga lebih dari 5 menit kok. http://www.youtube.com/watch?v=Gc4HGQHgeFE

- Bermanfaat : Hahaha kayak obat aja ya, bermanfaat. Tapi emang di tahun 2011 saya pengen banget jadi a person that everyone can count on. Jadi anak yang dibanggakan orang tua saya, jadi kakak yang baik untuk adek-adek saya, jadi teman yang bisa diandalkan oleh sahabat-sahabat saya, jadi tempat berbagi yang bisa meringankan beban siapapun yang ingin bercerita. Agak lebay ya? Tapi emang pengen.

Overall, yah itulah keinginan-keinginan yang ingin saya capai di 12 bulan ke depan. Semoga tidak hanya menjadi euphoria di akhir tahun.

Bismillah.

At last I would say an early farewell. Goodbye 2010, Hello 2011 :D

Comments

  1. amin!! may Allah bless ur year!! you're so inspired :) keep blogging!!




    visit my blog justshiera.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

FRIENDS, LOVERS OR NOTHING

Triple Booking!

June Comes Too Soon