If Only Every Month is Ramadan

(Its a repost from my Facebook note last year. My unproductive day urges me to put it in this blog, haha. Enjoy reading!)


First of all
note ini tidak ditujukan buat siapa-siapa. Saya lagi boring aja ga ada kerjaan. Hanya bermodalkan opini satu pihak (opini pribadi maksudnya) dan ga pake referensi religi dan lain-lainya (lagi males buka-buka google). Ini murni cuma akumulasi dari kata-kata random bermakna dangkal yang ada di otak saya. Jangan terlalu dianalisa deh ya. Anggap aja ini curhat. No offense to anyone

Jadi gini, tadi pagi saya nonton iklan di TV yang intinya menyarankan wanita muslimah buat pake baju sopan pas bulan puasa. Belom lagi infotainment yang nge-ekspose kegiatan selebriti yang mendadak alim (in terms of clothing and singing religious songs). Not forgetting the non stop apology messages that I’ve been getting the last few days. Saya ngga bilang itu hal yang jelek ato gimana. Ga ada salahnya dong memanfaatkan bulan yang suci dan penuh berkah buat do something yang bisa ngasih impact positif buat diri sendiri dan orang lain. Tapi rasanya kok sayang banget yah kalo bulan Ramadan kesannya malah jadi tameng doang. Orang-orang pada minta maaf, pake baju yang menutup aurat, rajin ibadah, die trying to be a good person, and so on and so forth. Tapi pas Ramadannya udah abis? Ya paling kembali ke rutinitas semula. Baju sopan bukan lagi kewajiban, ibadah kapan inget aja, bikin dosa bla bla bla dan Insya Allah kalo ketemu Ramadan lagi di taun berikutnya—tobat lagi deh. Just like an endless cycle.

So what’s the point of Ramadan itself then? Saya bukan orang yang super religius. Saya cuma manusia yang punya kesadaran penuh bahwa saya adalah kreasi dari pencipta semesta yang saya sebut Tuhan/Allah; yang mempunyai kekuatan lebih besar dibanding apapun. Saya yakin Tuhan menciptakan bulan Ramadan dengan tujuan yang kongkrit. Tanpa bermaksud sotoy, saya rasa Tuhan mau bulan ini bukan hanya dimanfaatkan buat tobat instan. Inget ga dulu ada iklan yang tag-line nya “mulai dari nol lagi ya”. Nah! That really gets me! Ketika Ramadan berakhir kita emang seharusnya be a new person. Kaya bayi yang baru lahir kalo kata Pak Kiyai. Ketika bayi ini kembali tumbuh dan menjalani hari-hari, sayang banget kan kalo ga ada progres buat pendewasaannya? Maksudnya gini, setelah Ramadan, setelah 30 hari aktif memperbaiki diri, sayang banget kalo 11 bulan kedepannya hari-hari tetap terjalani as if the Ramadan never happens. Sayang banget kalo 11 bulannya bakal ada pemikiran “ah ntar bulan puasa aja deh tobatnya”. Dari situlah saya sadar, wah ntar abis Ramadan harusnya saya lahir jadi bayi lagi, dan hari-hari ke depan emang harus dilalui secara maksimal dengan orientasi yang jelas. Trus hal-hal yang ga disukai sama Tuhan diminimalisir deh (dihilangkan lebih bagus lagi). Kalo kata Aa Gym: jaga hati—ga peduli di bulan apapun. Persiapin diri, kalo kalo ga sempet ketemu lagi sama Ramadan di tahun berikutnya.

Ada satu lagi yang menggelitik hati adalah menjamurnya media buat minta maaf. SMS, twitter, facebook, you name it lah. Kadang-kadang tiap nerima sms saya sempet suuzon “ini orang apa beneran tulus yah minta maafnya?”. Ga tau kenapa jadi kangen juga jaman-jaman dulu pas sering silaturahmi dan maaf2an secara langsung. Salaman, pelukan, trus ngomong langsung kalo mau minta maaf biar dari mata keliatan tulus ato ga nya. Aduh sekarang mah tinggal ketik-ketik-ketik---send all---jadi deh. Simplicity is good, I know that. Tapi entah kenapa maknanya terasa berkurang. Teknologi emang tujuannya memudahkan; membuat jarak jadi tak berarti. Tapi kalo kemudahan malah mengurangi makna? Ah ga tau lah. Emang dasar saya konvensional kali ya,hahaha. Anyway...

Ini bukan ceramah loh ya. Saya juga sadar diri lah sebelom mau ngasih ceramah. Wong ngurus diri sendiri aja belom becus, hehehe. Tapi ya ini cuma gejolak batin (ci elaaaaaa -..- darah muda). Maksud dan tujuan saya menulis juga simple aja:
1. Memuaskan diri. Dirumah sekarang cuma ada adek saya yang berumur 8 taun. Saya baru mulai ngomong paling dia udah kabur duluan maen PS.
2. Ngasih warning ke diri saya sendiri. Bikin tanda tanya besar; MAU NGAPAIN AJA LO DI BULAN INI DIT? ABIS BULAN INI LO BISA LEBIH BAIK GA? Ya gitu lah. Biar ibadahnya terarah dan ga useless.
3. Buat jadi bahan perenungan aja.

Curhat selesai. Sekalian nih berhubung tadi sempat nyindir-nyindir tentang teknologi yang mempermudah penyebaran informasi, saya mau minta maaf yang setulus-tulusnya (tulus beneran loh ini, tatap mata saya, bwahaha). Semoga tahun ini ibadah kita bisa maksimal. Pas Syawal datang kita bisa mulai dari nol lagi dan buat kelanjutannya bisa jadi manusia yang lebih baik, bermanfaat, dan dicintai Tuhan, amin.

Peace.

-Dita Purnama
August 10 2010

picture source

Comments

Popular posts from this blog

FRIENDS, LOVERS OR NOTHING

June Comes Too Soon

Triple Booking!