If SEPARATED is the answer.

Hey para galau-ers. Bagaimana di bulan puasa ini? Masih menggalau? Masih dong ya, ngga galau kan ngga asik. Saya sampe sekarang masih penasaran siapa yang mempopulerkan kata “galau” sampe bener-bener ngetrend dikalangan kawula muda saat ini. Ahzek.

Anyway, lanjut. Kali ini saya mau nulis tentang...wait for it...REVIEW LAGU! Ha! I know, I know, pasti udah banyak yang kangen. Sekarang saya datang untuk mengobati rasa rindu itu *minta dilempar jemuran*

Kali ini lagu yang mau saya bahas berjudul SEPARATED yang dinyanyiin sama bang Usher. Saya yakin udah banyak yang tau lagu ini. Liriknya sering dikutip para cewek buat ngasih kode ke cowoknya kalo si cowok udah mulai cuek. Nunjukin betapa mereka ngga cocok tapi dalam hati ngarep kalo si cowok bakal berubah, hahaha. Ok, mungkin ngga bisa digeneralisasikan juga.

Tema yang mau saya angkat adalah “LET GO”. Wohoho udah akrab banget dong ya sama dua kata ini? Agak basi? Wah jangan salah. Sering dibahas sih iya, perealisasiannya masih minim banget. Kali ini saya mau membahas, dengan harapan setelah baca ini banyak yang tergerak buat merealisasikan. Ok, bismillah. Baca dulu ya liriknya:

If love was a bird, then we wouldn't have wings

If love was a sky, we'd be blue

If love was a choir, you and I could never sing

'Cuz love isn't for me and you

If love was an Oscar, you and I could never win

'Cuz we could never act out our parts

If love is the Bible, then we are lost in sin

'Cuz it's not in our hearts

If love was a fire, then we have lost the spark

Love never felt so cold

If love was the light, then we're lost in the dark

Left with no one to hold

If love was a sport, we're not on the same team

You and I are destined to lose

If love was an ocean, then we are just a stream

'Cuz love isn't for me and you

Girl, I know we had some good times

It's sad but now, gotta say goodbye

Girl you know I love you, I can't deny

Can't say we didn't try to make it work for you and I

Know it hurts, so much but it's best for us

Somewhere along this winding road we lost the trust

So I'll walk away, so you don't have to see me cry

It's killing me, so, why don't you go

Why don't you go your way and I'll go mine

Live your life and I'll live mine

You'll do well and I'll be fine

'Cuz we're better off separated. I'm sorry we didn't make it

Mengharukan banget ya liriknya. Emang dasar bang Usher nih. Ngerti-ngerti aja cara ngambil hati para galau-ers.

First of all, saya suka lagu ini karena banyak banget analoginya. Usher mengumpamakan keadaaan cinta yang udah ngga layak diperjuangkan ke hal-hal simple disekitar kita yang bisa bikin kita manggut-manggut bilang “iya juga ya...”

Saya yakin banyak banget yang pernah stuck di kondisi kaya gini (saya juga pernah kok, ngga perlu malu): Pacaran lama. Nyadar akhirnya ngga cocok. Tapi karena udah terlalu lama sama-sama jadinya ngga bisa ngerelain yang udah berlalu. Akhirnya? Terjebak di satu hubungan yang sebenernya udah ngga sehat, tapi demi kenangan yang ada, lanjut terus deh sampe mampus. Atau skenario lainnya kaya gini: Udah putus, tapi ngga bisa ngerelain fakta bahwa hubungan itu udah berakhir gara-gara, yak kembali lagi, kenangan yang udah terlewati bersama. Wah ini sih kayaknya sumber galau paling tokcer.

Saya bukan ahli juga sih masalah cinta-cintaan begini. Tapi mudah-mudahan buah pikir yang saya tulis bisa buka mata dan hati saudara-saudara galau-ers biar bisa terlepas dari jerat yang bikin nyesek (ceile bahasa lo Diiiit)

Kembali ke tema LET GO. Let go ini sodara sepupuan sama ikhlas. Sama-sama tau lah ya susahnya mengikhlaskan itu gimana. Lewat kata-kata di lagu ini, yang bisa saya tangkep agar let go itu bisa mudah:

1. Tanya ke diri sendiri, why doesn’t the relationship work?

Jadi sebelom mutusin buat nangis seharian liatin foto-foto lama, analisa dulu, eh sebenernya kenapa bisa berakhir sih? Kenapa gue jadi sedih total begini? Dia yang gue tangisin sekarang pantes ngga gue tangisin? Intinya, belajar meraba-raba apa yang salah. Ngga ada asap kalo ngga ada api. Hubungan yang baik-baik aja ngga akan berakhir kalo ngga ada masalah. Nah coba dipikir lagi tentang si masalah yang dimaksud. Kenapa si masalah bisa bikin semuanya berakhir? Kalo kita udah tau letak zona merahnya dimana, kita ngga bakal terjebak lagi dengan bertanya-tanya “kenapa?”. Kalo si cowok/ceweknya pergi ninggalin gitu aja tanpa ada masalah yang berarti? Ya justru itu masalahnya. Get it? Kalo ngutip si Bang Usher, doi bilang If love was a bird, then we wouldn't have wings. Kalo burung udah ngga ada sayap apa jadinya? Atau If love was a choir, you and I could never sing. Gimana mau nyanyi kalo ngga bisa nyatuin suara? See? Mungkin anda bisa menganalogikan hubungan anda ke hal-hal lain?

2. Jangan ngotot ngelupain, tapi perlahan terima keadaan.

Disaat kita udah bisa terima kenyataan, kita bakal bisa hidup di masa sekarang dan ngga terkontaminasi sama keadaan yang udah lewat. Justru kita jadinya bisa bersyukur, yang udah lewat bikin kita sakit, terus sembuh, dan akhirnya makin kuat. As odd as it sounds, emang butuh waktu buat bisa nerima. Yah namanya juga adaptasi, ngga bisa instan juga kali. Intinya jangan tanemin “gue mesti lupa, gue mesti lupa”, instead, tulis di otak “Yang udah terjadi emang nyakitin. Semoga sakit yang sekarang worth it buat kebahagiaan gue di masa depan” Kalo udah bisa gini, beuh sensasi lapang di dada langsung terasa (true story). Ibaratnya kata bang Usher It hurts so much but it's best for us.

3. Bikin skenario tentang masa depan tanpa si dia.

Awal-awalnya pasti pada mikir “aduh gue ngga bisa tanpa dia” atau “dia satu-satunya yang mau gue jadiin pendamping hidup gue selamanya” atau “kalo dia ngga ada mending gue mati aja”. Well, wajar kalo berpikiran kaya gitu. Tapi coba pikir lagi, masak sih hidup kita tanpa si dia bakal separah itu? Yang bikin kacau itu ketidak-adaan si dia atau kitanya yang bikin persepsi sendiri jadi ujung-ujungnya kita menggalau tak berujung? Ini kan step ke tiga. Kembali lagi aja ke step-step awal. Tanya kenapa, terus terima fakta dengan akal sehat, terus yang ketiga ya optimis aja kalo you will be fine. Because you will! Kalo udah bisa bikin mind set kaya yang bang Usher bilang: “Why don't you go your way and I'll go mine. Live your life and I'll live mine. You'll do well and I'll be fine. 'Cuz we're better off separated”, wah otomatis your life will be so much easier.

Yang paling penting dan paling diremehin orang-orang sebenernya bersyukur dan tawakal. Kalo udah bisa berprinsip, Tuhan selalu ngasih yang kita butuhin, pasti ngga ada deh istilah galau-galauan.

In the end, kita cuma manusia yang (ngerasa) tau segalanya yang terbaik buat kita, padahal Tuhan jauh lebih tau apa yang terbaik buat kita. Yap, yang menurut kita jelek, belom tentu jelek. Yang menurut kita bagus, mungkin Tuhan udah nyiapin yang lebih bagus (QS. Al-Baqarah:216)

So, praktek emang ngga akan segampang teori.

Tapi kalo ngga dicoba, ya ngga bisa-bisa dong?

Mohon maaf kalau ada kata-kata yang salah. Ini hanyalah catatan kecil dari saya yang sesungguhnya terus berusaha untuk tetap bersyukur.

At last, let yourself free, let go, let God :)

-Dita Purnama

August 10, 2011

source of picture:

Comments

Popular posts from this blog

FRIENDS, LOVERS OR NOTHING

Triple Booking!

June Comes Too Soon